Saturday 4 July 2015

Proaktif vs Reaktif


#BacaSek #1Rajaraja 21-22

Ahab tidak berpikir dampak dari perbuatannya. Ia menginginkan kebun anggur Nabot dan menuruti istrinya padahal hal itu jahat di mata Tuhan. Akhirnya Tuhan mendatangkan malapetaka padanya, istrinya, dan keluarganya. Ia pun menyesal dan merendahkan diri di hadapan Tuhan. 

Ada 2 jenis orang di dunia ini. Pertama, orang yang reaktif. Orang ini langsung bertindak sesuai kondisi hatinya, keinginan, dan lingkungannya. Ia tidak memikirkan dampak dari perbuatannya. Ia tidak memikirkan apa yang benar. Orang semacam ini akan banyak menyesali perbuatannya. Kedua, orang yang proaktif. Orang ini tidak langsung bertindak. Ia memikirkan dampak dari tindakannya terlebih dahulu. Ia berhati-hati dalam melakukan segala hal. Ia memegang prinsip yang benar dan tetap melakukan yang benar tanpa dipengaruhi oleh kondisi hatinya, keinginannya, dan lingkungannya. Orang semacam ini tidak banyak menyesali perbuatannya.

Ahab adalah seorang yang reaktif. Ia bertindak sesuai kondisi hatinya. Ia terbujuk oleh istrinya dan diperbudak dengan apa yang jahat di mata Tuhan. Ia menuruti keinginannya dan tidak melakukan apa yang benar.
Yosafat adalah orang yang proaktif. Saat Ahab mengajaknya untuk memerangi Ramot-Gilead, ia tidak langsung menyetujuinya. Ia memikirkan dampaknya. Ia memikirkan apakah ini keputusan yang benar dan sesuai dengan yang Tuhan mau. Ia tidak bertindak berdasarkan keinginannya dan pengertiannya sendiri. Ia mengikuti apa yang Tuhan mau sekalipun itu malapetaka.

Jadilah orang yang proaktif. Pikirkan apa akibat dari perbuatanmu. Bertindaklah hati-hati sesuai dengan Firman Tuhan. Lakukan apa yang benar yang sesuai dengan apa yang Tuhan mau, bukan berdasarkan apa yang kamu mau atau kamu rasakan.

"Orang cerdik bertindak dengan pengetahuan, tetapi orang bebal membeberkan kebodohan." Amsal 13:16 
#quote #inspirasi #motivasi #inspiratorwords#worldinspirator #pesan #kehidupan #pelajaran#terinspirasi oleh #1RajaRaja 21-22 #bacasek @impactorsmdc #masadepancerah #mdcsby#berdampak #refleksi #renungan#loveGodimpactothers #bertindak #hatihati #dampak#reaktif #proaktif

No comments:

Post a Comment