Friday, 30 November 2012

What Faith Can Do (Part 2 of 3)


Di suatu malam aku melihat sebuah video di youtube yang menyanyikan lagu "What Faith Can Do" dari Kutless.. Berikut liriknya..



"What Faith Can Do"
"Apa yang Iman Dapat Lakukan"

Verse 1
Everybody falls sometimes
Setiap orang terkadang terjatuh

Gotta find the strength to rise
Memerlukan kekuatan untuk bangkit

From the ashes
Dari abu

And make a new beginning
Dan memulai sesuatu yang baru

Verse 2
Anyone can feel the ache
Setiap orang dapat merasakan rasa sakit

You think it's more than you can take
Kamu berpikir ini lebih dari yang dapat kamu tanggung

But you're stronger
tetapi kamu lebih kuat

Stronger than you know
Lebih kuat dari yang kamu tahu

Pre-Chorus 1
Don't you give up now
Jangan menyerah sekarang

The sun will soon be shining
Matahari akan segera bersinar

You gotta face the clouds
Kamu akan melihat ke dalam masalahmu

To find the silver lining
Dan menemukan hal yang baik di dalamnya

Chorus
I've seen dreams that move the mountains
Aku telah melihat impian yang memindagkan gunung

Hope that doesn't ever end
Harapan yang tidak pernah berakihir

Even when the sky is falling
Bahkan ketika langit pun runtuh

I've seen miracles just happen
Aku melihat mujizat masih terjadi

Silent prayers get answered
Doa-doa sunyi yang dijawab

Broken hearts become brand new
Hati yang hancur diperbaharui

That's what faith can do
Itulah yang iman dapat lakukan

Verse 3
It doesn't matter what you've heard
Tidak peduli apa yang Anda dengar

Impossible is not a word
Mustahil bukanlah sebuah kata

It's just a reason
Ini hanya sebuah alasan

For someone not to try
Bagi seseorang untuk tidak mencoba

Verse 4
Everybody's scared to death
Setiap orang ketakutan sampai meninggal

When they decide to take that step
Ketika mereka memutuskan untuk melangkah

Out on the water
Keluar dari masalah itu

It'll be alright
Semua akan baik-baik saja

Pre-Chorus 2
Life is so much more
Hidup lebih dari itu semua

Than what your eyes are seeing
Lebih dari apa yang mata Anda lihat

You will find your way
Anda akan menemukan jalan Anda

If you keep believing
Jika Anda tetap percaya

Chorus
I've seen dreams that move the mountains
Aku telah melihat impian yang memindagkan gunung

Hope that doesn't ever end
Harapan yang tidak pernah berakihir

Even when the sky is falling
Bahkan ketika langit pun runtuh

I've seen miracles just happen
Aku melihat mujizat masih terjadi

Silent prayers get answered
Doa-doa sunyi yang dijawab

Broken hearts become brand new
Hati yang hancur diperbaharui

That's what faith can do
Itulah yang iman dapat lakukan

Bridge
Overcome the odds
Mengatasi kemustahilan

You don't have a chance
Anda tidak mempunyai kesempatan

(That's what faith can do)
(Itulah yang iman dapat lakukan)

When the world says you can't
Ketika dunia berkata Anda tidak bisa

It'll tell you that you can
Iman berkata Anda bisa

Chorus
I've seen dreams that move the mountains
Aku telah melihat impian yang memindagkan gunung

Hope that doesn't ever end
Harapan yang tidak pernah berakihir

Even when the sky is falling
Bahkan ketika langit pun runtuh

I've seen miracles just happen
Aku melihat mujizat masih terjadi

Silent prayers get answered
Doa-doa sunyi yang dijawab

Broken hearts become brand new
Hati yang hancur diperbaharui

That's what faith can do
Itulah yang iman dapat lakukan

That's what faith can do
Itulah yang iman dapat lakukan

Ending
Even if you fall sometimes
Bahkan jika Anda terkadang terjatuh

You will have the strength to rise
Anda akan mempunyai kekuatan untuk bangkit
(Indonesian translation by Dany Gunawan.. thanks Dany ^^)
Bener-bener lagu yang sangat bagus yang menyentuh hatiku.. Aku tulis ini sambil dengerin lagu ini juga.. :')
Mengingatkanku betapa besar kasih Tuhan buat hidup kita.. kita bisa berharap pada Nya.. kita bisa beriman padaNya.. kita bisa memiliki iman itu semua karena kita punya pengharapan di dalam Tuhan.. karena kita percaya Tuhan ngga lalai menepati janji dalam FirmanNya.. iman kita berdasarkan janji Tuhan yang sudah diberikan kepada kita..


3. Jangan pernah putus harapan kepada Tuhan

Don't you give up now
The sun will soon be shining
You gotta face the clouds
To find the silver lining
 Hujan harus terjadi supaya kita bisa melihat pelangi.. Bertahanlah dalam hujan itu, karena pada akhirnya matahari akan bersinar dan ada pelangi indah yang bisa kita lihat.. Bertahanlah dalam masalah-masalah yang kamu hadapi, pada saatnya kamu akan menyadari bahwa tanpa masalah itu tidak mungkin kamu bisa melihat pelangi seindah yang kamu lihat sekarang ini.. tanpa masalah itu tidak mungkin kamu menjadi kamu yang sekarang ini..

"Berbahagialah orang yang bertahan dalam pencobaan, sebab apabila ia sudah tahan uji, ia akan menerima mahkota kehidupan yang dijanjikan Allah kepada barangsiapa yang mengasihi Dia." Yakobus 1:12

Inilah pengharapan yang membuat kita bisa beriman bahwa selalu ada maksud yang baik dari setiap hal yang Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup kita..


4. Mujizat itu nyata salah satunya karena iman kita

I've seen dreams that move the mountains
Hope that doesn't ever end
Even when the sky is falling
I've seen miracles just happen
Silent prayers get answered
Broken hearts become brand new
That's what faith can do
Tuhan memang tau apa yang kita harapkan, tetapi Tuhan suka melihat iman kita yang berharap kepadaNya dan memintaNya.. Baca juga tulisanku "Apakah Tidak Perlu Meminta Kepada Tuhan?"
"Lalu Yesus menjamah mata mereka sambil berkata: "Jadilah kepadamu menurut imanmu." Matius 9:29
"Maka Yesus menjawab dan berkata kepadanya: "Hai ibu, besar imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." Dan seketika itu juga anaknya sembuh." Matius 15:28

"Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, --maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu." Matius 17:20

Inilah pengharapan yang membuat kita bisa beriman bahwa Tuhan suka membuat mujizat karena iman kita juga..


Jesus bless you all (^o^)/ 

Baca juga :
What Faith Can Do (Part 1 of 3)
What Faith Can Do (Part 3 of 3)

Thursday, 29 November 2012

What Faith Can Do (Part 1 of 3)


Di suatu malam aku melihat sebuah video di youtube yang menyanyikan lagu "What Faith Can Do" dari Kutless.. Berikut liriknya..

"What Faith Can Do"
"Apa yang Iman Dapat Lakukan"

Verse 1
Everybody falls sometimes
Setiap orang terkadang terjatuh

Gotta find the strength to rise
Memerlukan kekuatan untuk bangkit

From the ashes
Dari abu

And make a new beginning
Dan memulai sesuatu yang baru

Verse 2
Anyone can feel the ache
Setiap orang dapat merasakan rasa sakit

You think it's more than you can take
Kamu berpikir ini lebih dari yang dapat kamu tanggung

But you're stronger
tetapi kamu lebih kuat

Stronger than you know
Lebih kuat dari yang kamu tahu

Pre-Chorus 1
Don't you give up now
Jangan menyerah sekarang

The sun will soon be shining
Matahari akan segera bersinar

You gotta face the clouds
Kamu akan melihat ke dalam masalahmu

To find the silver lining
Dan menemukan hal yang baik di dalamnya

Chorus
I've seen dreams that move the mountains
Aku telah melihat impian yang memindagkan gunung

Hope that doesn't ever end
Harapan yang tidak pernah berakihir

Even when the sky is falling
Bahkan ketika langit pun runtuh

I've seen miracles just happen
Aku melihat mujizat masih terjadi

Silent prayers get answered
Doa-doa sunyi yang dijawab

Broken hearts become brand new
Hati yang hancur diperbaharui

That's what faith can do
Itulah yang iman dapat lakukan

Verse 3
It doesn't matter what you've heard
Tidak peduli apa yang Anda dengar

Impossible is not a word
Mustahil bukanlah sebuah kata

It's just a reason
Ini hanya sebuah alasan

For someone not to try
Bagi seseorang untuk tidak mencoba

Verse 4
Everybody's scared to death
Setiap orang ketakutan sampai meninggal

When they decide to take that step
Ketika mereka memutuskan untuk melangkah

Out on the water
Keluar dari masalah itu

It'll be alright
Semua akan baik-baik saja

Pre-Chorus 2
Life is so much more
Hidup lebih dari itu semua

Than what your eyes are seeing
Lebih dari apa yang mata Anda lihat

You will find your way
Anda akan menemukan jalan Anda

If you keep believing
Jika Anda tetap percaya

Chorus
I've seen dreams that move the mountains
Aku telah melihat impian yang memindagkan gunung

Hope that doesn't ever end
Harapan yang tidak pernah berakihir

Even when the sky is falling
Bahkan ketika langit pun runtuh

I've seen miracles just happen
Aku melihat mujizat masih terjadi

Silent prayers get answered
Doa-doa sunyi yang dijawab

Broken hearts become brand new
Hati yang hancur diperbaharui

That's what faith can do
Itulah yang iman dapat lakukan

Bridge
Overcome the odds
Mengatasi kemustahilan

You don't have a chance
Anda tidak mempunyai kesempatan

(That's what faith can do)
(Itulah yang iman dapat lakukan)

When the world says you can't
Ketika dunia berkata Anda tidak bisa

It'll tell you that you can
Iman berkata Anda bisa

Chorus
I've seen dreams that move the mountains
Aku telah melihat impian yang memindagkan gunung

Hope that doesn't ever end
Harapan yang tidak pernah berakihir

Even when the sky is falling
Bahkan ketika langit pun runtuh

I've seen miracles just happen
Aku melihat mujizat masih terjadi

Silent prayers get answered
Doa-doa sunyi yang dijawab

Broken hearts become brand new
Hati yang hancur diperbaharui

That's what faith can do
Itulah yang iman dapat lakukan

That's what faith can do
Itulah yang iman dapat lakukan

Ending
Even if you fall sometimes
Bahkan jika Anda terkadang terjatuh

You will have the strength to rise
Anda akan mempunyai kekuatan untuk bangkit

(Indonesian translation by Dany Gunawan.. thanks Dany ^^)
Bener-bener lagu yang sangat bagus yang menyentuh hatiku.. Aku tulis ini sambil dengerin lagu ini juga.. :')
Mengingatkanku betapa besar kasih Tuhan buat hidup kita.. kita bisa berharap pada Nya.. kita bisa beriman padaNya.. kita bisa memiliki iman itu semua karena kita punya pengharapan di dalam Tuhan.. karena kita percaya Tuhan ngga lalai menepati janji dalam FirmanNya.. iman kita berdasarkan janji Tuhan yang sudah diberikan kepada kita..

1.  Tuhan ingin menciptakan permulaan yang baru dalam hidupmu
Everybody falls sometimes
Gotta find the strength to rise
From the ashes
And make a new beginning
Bulan Juni 2012 satu Firman yang menjadi rhema di hatiku adalah dari Kejadian 1.. Firman ini diberitakan oleh Ko Agus di Gereja MDC..
"Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi. Bumi belum berbentuk dan kosong; gelap gulita menutupi samudera raya, dan Roh Allah melayang-layang di atas permukaan air. Berfirmanlah Allah: "Jadilah terang." Lalu terang itu jadi. Allah melihat bahwa terang itu baik, lalu dipisahkan-Nyalah terang itu dari gelap. Dan Allah menamai terang itu siang, dan gelap itu malam. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari pertama." Kejadian 1:1 - 5
Tuhan masih menciptakan sampai saat ini.. Berapa banyak dari kita yang mengalami gelap gulita nya kehidupan? Hubungan yang hancur, ujian yang gagal, pertengkaran yang ngga ada abisnya, hutang yang belum terbayar, doa yang belum terjawab, terus menerus jatuh dalam dosa, kekosongan di hati, atau tidak ada satupun yang baik yang terjadi? Hei, Allah ingin membuat permulaan yang baru dalam hidupmu.. Tuhan ingin menciptakan dari keadaan yang tidak berbentuk, yang kosong, yang gelap gulita.. Tuhan menciptakan terang.. Mungkin tulisan ini lah terang yang menerangi hatimu, membangkitkan imanmu bahwa Tuhan ingin membuat permulaan yang baru dan membentuk mu dari awal lagi..
"Apabila bejana, yang sedang dibuatnya dari tanah liat di tangannya itu, rusak, maka tukang periuk itu mengerjakannya kembali menjadi bejana lain menurut apa yang baik pada pemandangannya." Yeremia 18:4
Kembalilah pada Tuhan.. Tuhan sangat mengasihimu.. Tuhan ingin membuat permulaan yang baru dan membangkitkanmu menjadi pribadi yang baru dan yang baik di mata Tuhan.. Tuhan sudah menciptakan terang yang menerangi hatimu saat ini.. Maukah kamu membuka hati untuk Tuhan masuk dan memperbaharui hidupmu? Berdoalah.. Tuhan mendengar setiap doamu.. Mintalah Tuhan mengampunimu dan berkomitmenlah kembali kepada Tuhan.. Jadikan Tuhan sebagai Tuhan dan Raja di hidupmu..
Inilah pengharapan yang membuat kita bisa beriman bahwa selalu ada permulaan yang baru yang Tuhan mau kerjakan dalam hidup kita yang sudah rusak.. 


2. Seringkali kita ini merasa tidak mampu menghadapi badai kehidupan, padahal Tuhan tidak membiarkan badai itu melebihi kekuatan kita dan bahkan Tuhan memberikan jalan keluar sehingga kamu dapat menanggungnya..
Anyone can feel the ache
You think it's more than you can take
But you're stronger
Stronger than you know
Ingat bahwa kamu tidak pernah sendiri menghadapi badai itu.. Seringkali kita tidak sadar dan merasa bahwa masalah kita lebih besar dari yang dapat kita tanggung.. Tapi kita punya Tuhan yang besar.. kita punya Tuhan yang lebih besar dari segala masalah kita.. kita kuat di dalam Tuhan yang menguatkan kita.. kuat di dalam pengharapan kita kepadaNya..
Inilah pengharapan yang membuat kita bisa beriman bahwa selalu ada Tuhan yang tidak membiarkan pencobaan yang melebihi kekuatan kita dan selalu ada jalan keluar yang Tuhan sediakan supaya kita dapat menanggungnya..
"Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya." I Korintus 10:13

Jesus bless you all (^o^)/

Baca juga :
What Faith Can Do (Part 2 of 3)
What Faith Can Do (Part 3 of 3)

Tuesday, 27 November 2012

Solusi Kemasukan Air di Telinga

Panik banget !!! Waktu keramas, ngga sengaja telingaku kemasukan air !!
Rasanya ngga enak banget kalo satu telinga aja yang normal, sedangkan yang satunya lagi bermasalah kemasukan air.. Mau ngapa-ngapain ngga enak banget.. TERGANGGU..
Akhirnya cari-cari di internet juga bagaimana solusinya.. Ada banyak artikel yang ngasih solusi.. Tapi satu solusi ini yang manjur buat aku :)

Solusi ini butuh keberanian sih.. Hehehhee.. :D

Misalnya kayak aku, telinga kiri yang kemasukan air..

















maka solusinya adalah

1. Tutup telinga kanan yang ngga kemasukan air dengan tangan kanan.. 


















2. Ambil sedikit air dari keran (kira-kira 3-4 tetes air) dengan tangan kiri..


















3. Masukkan sedikit air tadi ke telinga kiri yang kemasukan air.. 


















4. Saat air yang dimasukkan terasa sampai ke dalam, LANGSUNG arahkan telinga kiri ke bawah 


















5. Tunggu 1-2 menit sambil berdoa ya supaya airnya bisa keluar.. Setelah itu, akan terasa air hangat keluar dari telinga


HOREEE..!!! Telinga kiriku sudah normal kembali.. Thanks God o(^o^)o


















Lain kali harus hati-hati ini.. hehehehe.. Semoga kalian yang mengalami kejadian yang sama juga sudah normal kembali ya telinganya.. :)

Dari sini aku belajar beberapa hal :
1.  Saat kerikil-kerikil memasuki kehidupanmu (kesalahan kecil, kemarahan, dan sebagainya), jangan anggap remeh dengan membiarkannya.. Segera perbaiki dan cari solusinya.. Segera minta maaf atau segeralah memaafkan..
"Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis." Efesus 4:26 - 27

2. Banyak renungan yang aku tulis tentang tidak mengeluh seperti di artikel "Sing a Gratitude" dan "Mengapa Harus Senantiasa Bersukacita?" dan ya aku diuji apakah mengeluh kemasukan air atau mau bersyukur, bersukacita Tuhan akan menolong, dan belajar dari kejadian ini dan membagikannya?
"Lalu Ia berkata lagi: "Camkanlah apa yang kamu dengar! Ukuran yang kamu pakai untuk mengukur akan diukurkan kepadamu, dan di samping itu akan ditambah lagi kepadamu." Markus 4:24
@inspiratorwords: Don't judge people. You may ever did the same or someday you will be tested what you have judged

3.  Masalah itu boleh saja terjadi dan yang pasti tidak melebihi kekuatan kita dan Tuhan pasti kasih jalan keluar supaya kita dapat menanggungnya.. Thanks untuk teman-teman yang sudah post solusi kemasukan air di internet.. Tulisan kalian merupakan jalan keluar yang Tuhan kasih untuk telinga kiriku bisa normal lagi.. Tuhan juga kasih keberanian untuk lakuin solusi di atas.. wkwkwkw.. :)
"Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya." I Korintus 10:13

4. Kita harus berhati-hati.. Jangan sampai hal-hal yang tidak sepatutnya masuk ke kehidupan kita merusak kehidupan kita.. Air ngga sepatutnya masuk ke telinga jadi harus dikeluarkan.. Isi kehidupan kita dengan Firman Tuhan, hal-hal yang baik dan berguna.. Terutama kuasailah pikiranmu :)
"Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semuanya itu." Filipi 4:8

5. Kita akan terus diproses untuk menjadi sesuai dengan apa yang Tuhan mau.. Karakter-karakter yang tidak menyenangkan hati Tuhan dibereskan.. Air yang ngga sepatutnya masuk ke telinga harus dikeluarkan.. Prosesnya tidak menyenangkan dan butuh keberanian untuk mau menjalaninya tetapi itu semua demi kebaikan kita.. Seperti emas yang dibakar supaya menghasilkan emas yang murni.. Dan yang pasti proses ini butuh waktu dan tidak instant.. Kalau untuk telinga kiriku butuh 1-2 menit supaya airnya keluar.. hehehe.. :)
"Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah." Yohanes 15:2


Jesus bless you all (^o^)/

Saturday, 24 November 2012

Mengapa Harus Senantiasa Bersukacita?


 "Sekalipun pohon ara tidak berbunga, pohon anggur tidak berbuah, hasil pohon zaitun mengecewakan, sekalipun ladang-ladang tidak menghasilkan bahan makanan, kambing domba terhalau dari kurungan, dan tidak ada lembu sapi dalam kandang, namun aku akan bersorak-sorak di dalam TUHAN, beria-ria di dalam Allah yang menyelamatkan aku. ALLAH Tuhanku itu kekuatanku: Ia membuat kakiku seperti kaki rusa, Ia membiarkan aku berjejak di bukit-bukitku. (Untuk pemimpin biduan. Dengan permainan kecapi)." Habakuk 3:17 - 19

Hidup itu tidak mudah? Hidup itu penuh masalah? Setuju.. Rasanya ada aja masalah setiap hari.. Yang satu belum selesai, datang yang lain lagi.. Capek? Wajar menurutku.. dan ujung-ujungnya adalah mengeluh.. Sudah baca renungan "Sing a Gratitude"? :)
Di situ bicara soal mengucap syukur daripada mengeluh dan alasan-alasannya :)

Nah selanjutnya, aku ingin membagikan lawan dari mengeluh lagi dan tambahan bumbu selain mengucap syukur :)
Bumbu ini namanya adalah bersorak-sorak dan beria-ria di dalam Tuhan seperti kutipan ayat Habakuk 3:17-19 di atas.

"Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!" Filipi 4:4
"Bersukacitalah senantiasa." I Tesalonika 5:16

Di renungan "Sing a Gratitude", aku menyebutkan "kalau kamu mengeluh berarti kamu ngga bersyukur.. kalau kamu bersyukur, kamu pasti ngga mengeluh..". Nah kali ini, aku ingin menyebutkan "kalau kamu mengeluh berarti kamu ngga bersukacita.. kalau kamu bersukacita, kamu pasti ngga mengeluh."

Di Habakuk, kita bisa melihat bahwa bersukacita itu tidak dipengaruhi oleh keadaanmu.. sekalipun keadaan tidak baik, sekalipun semua usahamu tidak menghasilkan apa-apa, sekalipun kamu melihat kenyataan yang tidak mengenakkan, BERSUKACITALAH :)
Di Filipi 4:4 dan 1 Tesalonika 5:16 juga menyebutkan bahwa kita harus SENANTIASA BERSUKACITA.. Senantiasa bukan berarti hanya hari ini saja.. bukan berarti ketika keadaan baik saja.. bukan berarti ketika berhasil saja.. TETAPI, SENANTIASA = SELALU, SETIAP WAKTU, DALAM KEADAAN APAPUN..

Mengapa sih Tuhan minta kita bersukacita? Kan memang wajar keadaannya ngga baik? Kan wajar kalau dalam keadaan ngga baik itu bersedih dan bukannya bersukacita?

Aku baru mengerti akhir-akhir ini dan aku ingin bagikan untuk kalian :)

1. Tetaplah BERSUKACITA bukan karena keadaanmu, tetapi karena pengharapanmu kepada Tuhan :)

"Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!" Roma 12:12
"Sangkaku: hilang lenyaplah kemasyhuranku dan harapanku kepada TUHAN. Ingatlah akan sengsaraku dan pengembaraanku, akan ipuh dan racun itu. Jiwaku selalu teringat akan hal itu dan tertekan dalam diriku. Tetapi hal-hal inilah yang kuperhatikan, oleh sebab itu aku akan berharap: Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya, selalu baru tiap pagi; besar kesetiaan-Mu! "TUHAN adalah bagianku," kata jiwaku, oleh sebab itu aku berharap kepada-Nya. TUHAN adalah baik bagi orang yang berharap kepada-Nya, bagi jiwa yang mencari Dia. Adalah baik menanti dengan diam pertolongan TUHAN." Ratapan 3:18 - 26
Tak berkesudahan kasih setia TUHAN, tak habis-habisnya rahmat-Nya SELALU BARU tiap pagi. Kesetiaan Tuhan itulah yang bisa membuat kita bersukacita dalam pengharapan. Manusia bisa tidak setia, tetapi Tuhan selalu setia dan baik buat kita.. Ingat lagi kesetiaan dan kebaikan Tuhan dalam hidupmu.. Tidak pernah mengecewakan bukan?!

2. Kalau saat ini keliatannya belum indah, bersabarlah dan tetap BERSUKACITA dalam pengharapan
"Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir." Pengkhotbah 3:11
Untuk yang satu ini, kalian baca juga renungan tentang "Tuhan Sudah Mempersiapkan Segalanya" dan "Membuat Masa Penantian menjadi Menyenangkan" :)

3. SUKACITA mu bisa memberikan dampak yang BAIK untuk sekitarmu, KELUHAN mu bisa memberikan dampak yang BURUK untuk sekitarmu
"Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan, supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia, sambil berpegang pada firman kehidupan, agar aku dapat bermegah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah." Filipi 2:14 - 16
Kita hidup di dunia ini tidak sendirian. Ada orang-orang di sekitar kita yang melihat dan terpengaruh dari sikap dan perkataan kita.. Saat kita bersukacita bisa membuat orang lain bersukacita dan bersemangat juga.. Saat kita mengeluh bisa membuat orang lain juga mengeluh dan putus asa.. Apapun yang terjadi di hidupmu sekalipun ngga baik, tetaplah jadi berkat buat orang lain dengan bersukacita dan tidak mengeluh..


Memang tidak mudah ya.. tapi biarlah kita meminta Tuhan yang memampukan kita karna Tuhan lah sumber sukacita kita :)
Yuk sama-sama belajar bersukacita di dalam Tuhan dengan langkah sederhana saat ini juga : SMILE (TERSENYUMLAH) dan katakan THANKS GOD (TERIMA KASIH TUHAN) :)

Jesus bless you all (^o^)/

"Sebab itu sejak waktu kami mendengarnya, kami tiada berhenti-henti berdoa untuk kamu. Kami meminta, supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian yang benar, untuk mengetahui kehendak Tuhan dengan sempurna, sehingga hidupmu layak di hadapan-Nya serta berkenan kepada-Nya dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan yang benar tentang Allah, dan dikuatkan dengan segala kekuatan oleh kuasa kemuliaan-Nya untuk menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar, dan mengucap syukur dengan sukacita kepada Bapa, yang melayakkan kamu untuk mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang kudus di dalam kerajaan terang. Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa." Kolose 1:9 - 14


Monday, 19 November 2012

Double Blessings



Bacaan : Matius 6:25 - 34

"Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu." Matius 6:33

Dari kecil aku sudah hidup di keluarga Kristen dan ikut sekolah minggu. Sejak kecil sampai sekarang, ayat Matius 6:33 ini sudah kudengar bahkan aku dapat menghafalkannya :)
Tetapi hari ini aku semakin dibawa Tuhan untuk memahami lebih jauh tentang hal ini..

Siapa yang pengen hidup bahagia? Siapa yang pengen hidup sukses? Siapa yang pengen makan makanan yang lezat, bisa punya baju yang bagus, tas yang bagus, punya rumah, mobil, gadget yang canggih? Siapa yang ingin usahanya sukses dan bertambah maju? Siapa yang ingin ini ingin itu banyak sekali? Hahhahaa.. pasti semua mau ya.. termasuk aku juga mau.. heheheh..

"Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?" Matius 6:25

Seringkali kita hanya melihat dan peduli pada apa yang terlihat oleh mata alias yang materiil atau yang jasmani aja.. Ini teguran yang aku dapat saat ke gereja hari minggu kemarin.. Firman hari minggu kemarin dari Lukas 12:13 - 21 (Orang Kaya yang Bodoh).. Ada seorang yang kaya yang mengumpulkan sangat banyak harta tetapi dalam sekejap meninggal. Hartanya yang banyak yang sudah dia kumpulkan itu tidak dia nikmati lagi dan tidak dapat ia bawa..

"Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah." Lukas 12:21
Sengaja aku bold kata-kata dalam Lukas 12:21 di atas.. Aku menemukan mengapa Tuhan bilang dalam Matius 6:33 untuk mencari Kerajaan Allah dan kebenarannya terlebih dahulu.. Ini yang aku dapat..

"Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus." Roma 14:17



1.  Saat kita mendahulukan hal-hal yang bersifat kekal, semua yang bersifat tidak kekal itu akan ada sebagai tambahan atau pelengkap atau buah yang Tuhan berikan setelah kita mengutamakan hal-hal yang bersifat kekal.
Kerajaan Allah bukan soal makanan dan minuman seperti yang disebutkan di Roma 14:17 di atas, tetapi soal hal-hal yang bersifat kekal yaitu kebenaran, damai sejahtera, dan sukacita..
Pilih satu dari 2 pilihan ini :
A. Jadi orang yang kaya tetapi ngga ada damai sejahtera dan sukacita
B. Jadi orang yang damai sejahtera dan sukacita sehingga bisa kerja dengan maksimal dan akhirnya jadi orang kaya
Pilih yang mana? Kalau aku pilih yang kedua.. Bagaimana dengan kamu? :)

Saat kita mengutamakan yang kekal, yang tidak kekal itu akan mengikuti kok.. tidak perlu dikejar tetapi malah diikuti.. hahaha.. :)
Baca juga Mazmur 23 ya :D


2. Kunci kesuksesan hidup itu adalah mencari hal-hal yang bersifat kekal yaitu Kerajaan Allah dan kebenarannya
"Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku." Mazmur 119:105
 "Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil." Mazmur 1:1 - 3
"Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian." Amsal 9:10
Firman Tuhan adalah kebenaran.. Firman Tuhan yang menuntun kita dalam melakukan setiap pekerjaan kita... Perlu hikmat dan pengertian untuk bertindak bijaksana dan mengambil keputusan yang tepat atau untuk menyelesaikan ujian sehingga sukses? Permulaannya adalah takut akan Tuhan dan pengenalan akan Tuhan..


3. Mencari hal-hal yang bersifat tidak kekal (materi) saja membuat kekhawatiran itu ada
"Takut akan Allah mendatangkan hidup, maka orang bermalam dengan puas, tanpa ditimpa malapetaka." Amsal 19:23
Siapa yang ngga bisa tidur karena takut bisnisnya akan hancur? Siapa yang stress karena ingin punya rumah tetapi belum punya? Siapa yang khawatir tidak bisa mencapai target bisnis tertentu?
Aku pikir semua hal ini terjadi karena berfokus pada materi dan bukan kepada hal-hal yang bersifat kekal.. Ingin materi ini itu boleh saja tetapi jangan sampai fokus kita yang utama pada hal-hal yang materi.. toh materi juga ngga dibawa waktu hidup kita ini di dunia ini sudah selesai..
Baca juga 1 Korintus 7:17 - 40


4. Mencari hal-hal yang bersifat tidak kekal (materi) tanpa mencari hal-hal yang bersifat kekal (Tuhan, Kerajaan Allah, dan kebenarannya) bisa jadi sia-sia
"Nyanyian ziarah Salomo. Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga. Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah--sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur."Mazmur 127:1 - 2
Baca juga Yakobus 4:13 - 17


5.  Mencari dahulu hal-hal yang bersifat kekal itu khasiatnya double ^^
Kaya di hadapan Allah dan kaya di hadapan manusia :)
Selain dapat hal-hal yang bersifat kekal karena kita mencarinya, kita juga dapat tambahan hal-hal materi yang tidak kekal :)
Jika kita mendahulukan hal-hal yang bersifat materi saja, kita akan mengalami kekosongan.. Kalau uda kaya raya dan semua materi dimiliki trus apa? Hanya Tuhan saja yang bisa mengisi kekosongan di hatimu :)
PS: Kaya materi di sini bukan cuma kaya banyak uang, tetapi kaya akan kesehatan, pengetahuan, hikmat, pasangan hidup, anak-anak, dan lain-lain ;)


Yuk memfokuskan hidup ini untuk mengenal Tuhan lebih lagi, mencari Kerajaan Allah dan kebenarannya, melakukan apa yang Tuhan mau kita kerjakan.. Hidup kita di dunia ini hanya sementara saja.. 2 Korintus 4:18 "Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal."

Jesus bless you all (^o^)/

"Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus." Yohanes 17:3

Sunday, 18 November 2012

Apakah Tidak Perlu Meminta Kepada TUHAN?


"Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya." Matius 6:8


Tuhan tahu apa yang kita perlukan bahkan sudah menyediakannya buat kita sebelum kita meminta pada Tuhan.. Jadi, apakah kita tidak perlu meminta kepada Tuhan karena Tuhan sudah tahu?
"Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan." Matius 7:7-8

Tuhan tetap ingin kita meminta, mencari, mengetok.. Meminta pada Tuhan mengandung makna yang lebih yaitu :
1. Menyatakan bahwa kita bergantung pada Tuhan, mengandalkan Tuhan
2. Menyatakan bahwa kita percaya Tuhan yang sanggup memenuhi apa yang kita minta
3. Menyatakan isi hati kita pada Tuhan
4. Memproses iman kita dalam masa penantian dari saat meminta sampai kita memperoleh jawaban Tuhan (ya, tidak, tunggu)
5. Membuat kita lebih excited saat apa yang kita minta terjadi
6. Membuat kita mengerti arti menunggu apa yang kita minta pada Tuhan
7. Membuat kita mengerti bahwa ada saatnya permintaan kita tidak dikabulkan karena Tuhan tau yang terbaik pada Tuhan


Kemarin lusa aku baca salah satu posting-an di blog-nya Ko Agus Lianto (http://aguslianto.blogspot.com/2005/12/haruskah-orang-kristen-sembuh.html). Di situ juga dibahas apakah kita harus memohon supaya orang yang kita doakan sembuh atau berdoa supaya kehendak Tuhan yang jadi karena ada yang sembuh dan ada juga yang tidak sembuh.. Marilah kita tidak berfokus pada apa yang sementara (sembuh atau tidak) karena Tuhan sedang melatih iman kita karena itu yang terpenting dan itulah sesuatu yang kekal..



Aku juga setuju sama Ko Agus.. Walaupun Tuhan sudah tahu apa yang kita perlukan dan yang kita minta, kita tetap perlu meminta kepada Tuhan.. Walaupun apa yang kita minta ada yang terkabul dan tidak terkabul, kita tetap perlu meminta kepada Tuhan.. :)


Jesus bless you all (^o^)/






Saturday, 17 November 2012

Tuhan Sudah Mempersiapkan Segalanya



Bacaan : Kejadian 1:1-31

"Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi." Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu." Kejadian 1:27-29
Pernah terpikir ngga kenapa kok Tuhan menciptakan manusia di hari keenam? Kenapa ngga di hari pertama atau ketiga? Pernah terpikir ngga kenapa kok Tuhan menciptakan tumbuh-tumbuhan dulu baru para hewan? Kenapa ngga hewan dulu baru tumbuhan?

Jawabannya adalah karena Allah mau mempersiapkan kebutuhan manusia sebelum manusia diciptakan.. Allah mau mempersiapkan kebutuhan para hewan sebelum hewan diciptakan..
Mari kita lihat urutan penciptaan..
  • Hari Pertama :Terang
  • Hari Kedua : Cakrawala
  • Hari Ketiga : Darat, laut, tumbuh-tumbuhan
  • Hari Keempat : Benda-benda penerang
  • Hari Kelima : Binatang air dan udara
  • Hari Keenam : Binatang laut dan manusia
See? :)
Tuhan ngga biarin manusia dan para hewan ada tanpa terang, langit, tempat tinggal, makanan, benda penerang :)
@inspiratorwords: God has prepared everything you need before you need it :)

Luar biasa sekali kan Tuhan kita??! KasihNya begitu besar buat kita.. (=^ o ^=)
"Allahku akan memenuhi segala keperluanmu menurut kekayaan dan kemuliaan-Nya dalam Kristus Yesus." Filipi 4:19
Jadi, jangan kuatir ya karena Tuhan tau kok kebutuhanmu apa dan bakal memenuhi kebutuhanmu pada waktu yang tepat.. Tuhan tidak pernah melupakan kita, Tuhan tuh perhatian sekali sama kita.. Apa yang kita butuhkan pasti Tuhan berikan.. Tapi memang seringkali yang kita pikir kita butuhkan sebenarnya tidak benar-benar kita butuhkan.. Tuhan yang paling tahu yang kita butuhkan.. Semoga Tuhan memberikan kita hikmat untuk membedakan mana yang kita butuhkan dan mana yang tidak kita butuhkan..

Jesus bless you all (^o^)/

Thursday, 15 November 2012

Membuat Masa Penantian Menjadi Menyenangkan



Siapa sih yang suka menunggu? Kebanyakan orang ngga suka untuk menunggu..
Menanti sesuatu yang pasti aja ngga enak, apalagi menunggu sesuatu yang ngga pasti.. Setuju?

"Ia membuat segala sesuatu indah pada waktunya, bahkan Ia memberikan kekekalan dalam hati mereka. Tetapi manusia tidak dapat menyelami pekerjaan yang dilakukan Allah dari awal sampai akhir." Pengkhotbah 3:11

Banyak dari kita saat ini sedang menunggu janji dari Tuhan, menunggu jawaban doa kita pada Tuhan, menunggu janji orang kepada kita, menunggu impian kita terwujud, menunggu masalah bisa selesai, dan sebagainya..
Apakah kita sudah lelah? Apakah kita sudah bosan menunggu? Apakah kita sudah menyerah dan tidak mau menunggu lagi? Apakah kita sudah tidak memiliki harapan dan berpikir penantian kita sia-sia? Apakah kita sudah putus asa?

Pengkhotbah 3:11 memberikan kita pengharapan lagi.. Tuhan membuat segala sesuatu indah pada waktunya.. pada waktu yang terbaik untuk sesuatu itu menjadi indah..
Bukankah kalau kita mau makan buah yang matang, kita harus menunggu waktu yang tepat untuk buah itu matang? Buah yang matang tepat waktu akan jauh lebih enak dari yang kurang matang atau terlalu matang..

Bersabarlah.. Janji dari manusia memang bisa mengecewakan kita.. Tetapi janji Tuhan itu tidak pernah mengecewakan.. Percayalah Tuhan sanggup menggenapi janjiNya.. Percayalah bahwa KuasaNya bekerja tepat waktu dan tidak pernah terlambat..

Nah, dalam masa penantianmu, tetaplah berdoa dan tetaplah berharap pada Tuhan.. Baca lagi janji-janji Tuhan dalam Firman Tuhan.. Ingat lagi pertolongan dan apa yang Tuhan sudah lakukan untukmu..

Satu kunci yang membuat masa penantian menjadi menyenangkan adalah ketika kita tidak berfokus pada diri kita, harapan kita, masalah kita.. Tetapi, kita berfokus pada apa yang Tuhan mau kita kerjakan dalam masa penantian ini.. berfokus pada apa yang bisa kita lakukan untuk orang lain..

Aneh?? Memang terlihat aneh.. Di saat diri sendiri sudah banyak masalah malah menolong orang lain.. Di saat diri sendiri merasa putus asa malah menguatkan orang lain.. Di saat diri sendiri menanti lama sekali dan janji belum tergenapi malah menghibur orang lain yang sedang menanti.. Di saat diri sendiri butuh pertolongan dan belum ditolong malah menolong orang lain..

"Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu." Lukas 6:38

Yang pernah aku alami adalah ketika aku yang butuh dikuatkan ini menguatkan orang lain, bukannya aku semakin lemah tetapi justru bisa menguatkan orang lain itu menguatkanku juga.. bisa menghibur orang lain itu menghiburku juga.. saat aku butuh pertolongan dan malah menolong orang, aku justru ditolong oleh orang yang lain lagi.. itulah keajaiban..

Saat kamu tidak berfokus pada dirimu tetapi berfokus pada orang lain, kamu akan menikmati masa penantianmu dengan melakukan hal-hal yang bermakna buat orang lain.. sampai akhirnya masalahmu selesai, masa penantianmu berakhir, kamu akan melihat campur tangan Tuhan yang luar biasa.. masa penantian selesai dan bonusnya kamu berguna untuk orang lain..
"Bahagianya orang yang bisa jadi berkat untuk orang lain, apalagi di dalam masa penantian karena pada akhirnya bukan hanya dia yang bersukacita dan memuliakan Tuhan tetapi orang lain yang dia berkati juga bersukacita dan memuliakan Tuhan :)
Selamat menanti sambil menjadi berkat.. Di saat kita mau dipakai Tuhan untuk menjadi berkat buat orang lain, di saat itulah hidup kita jadi semakin bermakna dan semakin menyenangkan.. Enjoy your life with blessing others.. Jesus bless you all (^o^)/
"Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa. Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini." Markus 12:29-31







Wednesday, 14 November 2012

Sing a Gratitude



Bacaan : Mazmur 92:1 - 16

"Adalah baik untuk menyanyikan syukur kepada TUHAN, dan untuk menyanyikan mazmur bagi nama-Mu, ya Yang Mahatinggi, untuk memberitakan kasih setia-Mu di waktu pagi dan kesetiaan-Mu di waktu malam, dengan bunyi-bunyian sepuluh tali dan dengan gambus, dengan iringan kecapi." Mazmur 92:2-4
Hal yang paling mudah dilakukan saat keadaan yang ngga enak terjadi menurutku adalah mengeluh.. Begitu keadaan ngga mengenakkan kita, begitu keadaan tidak sesuai dengan keinginan kita, begitu harapan kita ngga sesuai dengan kenyataan, sepertinya kata-kata keluhan meluncur begitu saja dari mulut.. Biasanya disertai dengan helaan nafas yang panjang dan kata-kata "Adduuuhhhh" "Kok gini sihh" "Haaaaa" paling laris manis dipakai..

Firman Tuhan dari Mazmur 92 ini menegurku yang mudah sekali untuk mengeluh.. Sungguh alangkah baiknya kalo kita menyanyikan syukur kepada Tuhan.. lawannya dari mengeluh itu ya bersyukur.. kalau kamu mengeluh berarti kamu ngga bersyukur.. kalau kamu bersyukur, kamu pasti ngga mengeluh..

"Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu." I Tesalonika 5:18
Bahkan yang namanya bersyukur itu dikatakan dalam I Tesalonika 5:18 (kutipan di atas) adalah dalam segala hal, bukan hanya pada keadaan yang enak tetapi juga keadaan yang ga enak atau keadaan yang ngga kita harapkan terjadi.. Gampang sekali kita bersyukur ketika dapat doorprize, dapat kenaikan gaji, dapat berkat-berkat lain yang menyenangkan.. Tetapi inilah ujiannya.. Apakah kita tetap bisa bersyukur sekalipun keadaan tidak mendukung? Atau justru dengan mudahnya kita mengeluh?

Mengucap syukur dalam keadaan yang ngga enak itu memang ngga gampang tetapi bukan berarti ngga bisa..
"Sebab telah Kaubuat aku bersukacita, ya TUHAN, dengan pekerjaan-Mu, karena perbuatan tangan-Mu aku akan bersorak-sorai." Mazmur 92:5
Nah ini dia kuncinya.. Mazmur 92:5 mengajarkan kita untuk mengucap syukur bukan karena keadaan yang kita alami tetapi karena perkerjaan Tuhan dalam hidup kita..karena perbuatan tangan Tuhan dalam hidup kita.. Berapa banyak perbuatan Tuhan yang ajaib yang sudah Tuhan lakukan dalam hidupmu? Buat aku, Tuhan sudah banyak banget menolong aku.. aku disembuhkan, sekolahku dicukupkan, dikasih hikmat sampai bisa lulus dengan hasil cumlaude dan aktif berprestasi, diluputkan dari kecelakaan, dan banyak lagi.. Yang terutama adalah Tuhan sudah mau berkorban disiksa dan mati di kayu salib dan bangkit pada hari yang ketiga demi penebusan dosa-dosaku..

Masa karena udara panas aja sudah mengeluh.. Kerjaan banyak dan susah aja sudah mengeluh.. Masalah ngga selesai-selesai bukannya rajin berdoa malah rajin mengeluh..
"Betapa besarnya pekerjaan-pekerjaan-Mu, ya TUHAN, dan sangat dalamnya rancangan-rancangan-Mu. Orang bodoh tidak akan mengetahui, dan orang bebal tidak akan mengerti hal itu." Mazmur 92:6-7
Rencana Tuhan itu sangat dalam dan seringkali kita ngga paham.. Satu hal yang Tuhan bukakan kepadaku adalah situasi yang ngga enak itu sebenarnya untuk kebaikan kita.. Ingat Yeremia 29:11 "Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan." dan juga Roma 8:28 "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."
"Apabila orang-orang fasik bertunas seperti tumbuh-tumbuhan, dan orang-orang yang melakukan kejahatan berkembang, ialah supaya mereka dipunahkan untuk selama-lamanya." Mazmur 92:8
Bahkan apa yang nampaknya baik saat ini malah akhirnya adalah tidak baik.. Jadi, apa yang saat ini terjadi belum tentu hasil akhirnya juga seperti yang terlihat saat ini.. Yang saat ini keliatan baik bisa akhirnya tidak baik.. Yang saat ini tidak baik, malah akhirnya baik..

Salah satu teman di facebook posting status seperti ini..
"Kita baru mencari Tuhan saat kita dalam kesusahan. Tapi di sisi lain, kita pasti lebih memilih untuk hidup senang daripada susah...... Lalu? #randomthink"
Aku jawab "karna lebih memilih hidup senang, maka mencari Tuhan di saat susah biar senang.. kalo lebih memilih hidup susah, maka mencari Tuhan di saat senang biar susah.. wkakakakka..^^"

Ya begitulah, kalau mau disimpulkan, harapan kita sering ngga terjadi :
1. Supaya kita mencari Tuhan dan sadar bahwa Tuhan satu-satunya penolong kita.
Kalau keadaan selalu baik, mungkin kita ngga pernah mencari Tuhan dan bahkan ngga menyadari Tuhan penolong kita..

2. Supaya kita bisa merasakan kasih dan mujizat Tuhan. 
Kalau keadaan selalu baik, mungkin kita ngga pernah merasakan kasih dan mujizat Tuhan. Kalau ngga ada hujan, mana mungkin bisa lihat pelangi? hehehe

3. Karena kita butuh diproses untuk jadi orang yang lebih baik, lebih sabar, lebih percaya Tuhan, tidak meragukan Tuhan..
"A smooth sea never made a skilled sailor." English Proverbs
4. Untuk meluputkan kita dari hal-hal yang ngga patut kita hadapi..
Kalian lihat posting-an di forum hitorijanai (not alone) tentang "Sometimes We Just Don't Understand" di sini :)

5. Hal yang ngga enak terjadi dalam hidup kita terkadang juga bisa dipakai Tuhan untuk menolong orang lain
Misalnya telat datang ke gereja jam setengah 8 pagi karena telat bangun sehingga harus ke gereja jam 10 dan ternyata setelah gereja jam 10 kita bertemu dengan orang yang bisa kita tolong.. coba kalau datang yang jam setengah 8.. heheheh.. tapi bukan berarti boleh telat ke gereja loh ya.. :p

Yuk sama-sama belajar untuk ngga mengeluh tetapi selalu bersyukur karena Tuhan Yesus sayang kita semua dan semua kejadian yang terjadi di hidup kita pasti untuk kebaikan kita..

Jesus bless u all (^o^)/



Thursday, 8 November 2012

Salah Satu Kesalahan Terbesar Dalam Hidup : Tidak Minta Pendapat Orang Lain

http://www.evolvingtimes.com/2009/04/the-two-keys-to-conscious-choice/


Pernah ngga kamu dapat suatu masalah atau tawaran dari orang lain? Pasti sering banget ya..
Pernah ngga kamu ngga minta pendapat orang lain dan memutuskan sendiri pilihanmu?
Mungkin karena..
1. Kamu takut ditolak atau dilarang untuk menerima tawaran atau ajakan itu
2. Kamu merasa sudah hebat dan merasa benar
3. Kamu tidak merasa perlu untuk minta pendapat orang lain

Yah, memang dalam hal-hal kecil seperti mau makan apa, mau pakai baju apa, tentu aja kamu boleh memutuskan sendiri pilihanmu.. Tetapi ada keputusan-keputusan besar yang harus kamu ambil yang mempengaruhi masa depanmu misalnya :
1. Tawaran pekerjaan
2. Tempat untuk melanjutkan sekolah
3. Tempat tinggal
4. Memilih rumah
5. Memilih mobil
6. Membeli barang-barang mahal seperti handphone, tablet, laptop, dll.
7. Memilih pasangan hidup
8. Keputusan untuk mengatasi masalah tertentu
9. Tempat kursus
Bahkan juga tempat makan, tempat beli baju, tempat beli kebutuhan sehari-hari...

Keputusan-keputusan yang menurutku besar ini (karena besar kecilnya bisa berbeda untuk setiap orang) membutuhkan pendapat dari orang lain, terutama dari orang tua.
"Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut."Amsal 14:12


1. Kamu perlu pendapat orang lain
Jangan sampai kamu ngga minta pendapat karena takut ditolak atau dilarang. Apalagi karena kamu merasa sudah hebat dan merasa benar. Bahkan karena kamu tidak merasa perlu untuk minta pendapat orang lain. Kalau kamu ngga minta pendapat, kamu bakal rugi bangettt...!
"Jalan orang bodoh lurus dalam anggapannya sendiri, tetapi siapa mendengarkan nasihat, ia bijak. " Amsal 12:15
@inspiratorwords : If you don't ask other opinion because you are afraid to be rejected, that's folly. You will loss many wise opinion.
Kamu akan kehilangan banyak pendapat yang berguna buat kamu.. Kamu mungkin bisa belajar dari kesalahan atau keberhasilan orang lain..

2. Jangan cuma minta pendapat ke satu orang
Kita perlu meminta pendapat dari beberapa orang sebagai bahan pertimbangan dan perbandingan.. Tetapi jangan minta pendapat ke semua orang (ini lebay namanya..wkakakak)
"Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak." Amsal 15:22

3. Jangan minta pendapat ke orang yang salah

"Jangan minta pendapat tentang cara buat kue yang terenak pada tukang bangunan."
Kamu juga harus bijaksana dalam meminta pendapat.. Ya memang mungkin ada tukang bangunan yang pinter masak.. Cuma, kamu tau maksudku kan? Mintalah pendapat ke orang-orang yang ahli di bidang yang sedang kita ingin tanyakan.. Kalau mau tau cara buat kue yang terenak ya tanya ke koki kue yang terenak..
Kalau ngga minta pendapat ke orang lain bisa rugi bangettt, tapi kalo minta pendapat nya ke orang yang salah ya sama aja bohong alias sama aja merugikan kita..

4. Jangan percaya 100% dengan pendapat orang lain
Kamu tahu kan.. di dunia ini yang pasti bener ya cuma Tuhan.. manusia itu tidak ada yang sempurna dan bisa salah.. Minta pendapat, bukan berarti langsung setuju dan melakukan.. Jadi, setelah kamu minta pendapat orang lain, kamu tetep harus berdoa supaya Tuhan memberimu hikmat untuk mengambil keputusan yang benar dan kamu harus membandingkan pendapat orang-orang.. Misalnya setelah dapat pendapat tentang cara buat kue yang enak dari koki kue, kamu juga coba beli kue yang dibuat koki itu.. enak ngga? kalo ngga enak, berarti kan belum tentu resep dari koki ini 100% enak.. Mengerti maksudku? Heheheh..

5. Jangan lupa berdoa
Jadi poin yang terakhir bukan berarti ngga penting.. Justru ini yang paling penting dalam pengambilan keputusan-keputusan besar! DOA! Tuhan yang menciptakan kamu pasti tahu yang terbaik untuk kamu.. Tuhan yang lebih tahu keputusan apa yang harus diambil.. Minta hikmat dan tuntunan dari Tuhan dalam memutuskan.. Yang pasti, Tuhan sudah merencanakan masa depan yang penuh harapan untuk kamu..
"Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan" Yeremia 29:11
  
Semoga kalian tidak salah dalam mengambil keputusan.. Semoga Tuhan menuntun kalian ke jalan yang benar.. Selamat mengambil keputusan.. 
"Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu." Amsal 3:6
"Seek His will in all you do, and He will direct your paths." Proverbs 3:6 (NLT)

Psstt.. Kalau misal sudah terlanjur mengambil keputusan yang salah, bersyukurlah karena sudah mendapat pelajaran yang berharga dan proses yang membentuk kamu menjadi sekarang ini.. Berdoalah dan minta pendapat untuk menghadapi konsekuensi dari keputusan yang kamu ambil..

Jesus bless u all (^o^)/