Wednesday 14 November 2012

Sing a Gratitude



Bacaan : Mazmur 92:1 - 16

"Adalah baik untuk menyanyikan syukur kepada TUHAN, dan untuk menyanyikan mazmur bagi nama-Mu, ya Yang Mahatinggi, untuk memberitakan kasih setia-Mu di waktu pagi dan kesetiaan-Mu di waktu malam, dengan bunyi-bunyian sepuluh tali dan dengan gambus, dengan iringan kecapi." Mazmur 92:2-4
Hal yang paling mudah dilakukan saat keadaan yang ngga enak terjadi menurutku adalah mengeluh.. Begitu keadaan ngga mengenakkan kita, begitu keadaan tidak sesuai dengan keinginan kita, begitu harapan kita ngga sesuai dengan kenyataan, sepertinya kata-kata keluhan meluncur begitu saja dari mulut.. Biasanya disertai dengan helaan nafas yang panjang dan kata-kata "Adduuuhhhh" "Kok gini sihh" "Haaaaa" paling laris manis dipakai..

Firman Tuhan dari Mazmur 92 ini menegurku yang mudah sekali untuk mengeluh.. Sungguh alangkah baiknya kalo kita menyanyikan syukur kepada Tuhan.. lawannya dari mengeluh itu ya bersyukur.. kalau kamu mengeluh berarti kamu ngga bersyukur.. kalau kamu bersyukur, kamu pasti ngga mengeluh..

"Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu." I Tesalonika 5:18
Bahkan yang namanya bersyukur itu dikatakan dalam I Tesalonika 5:18 (kutipan di atas) adalah dalam segala hal, bukan hanya pada keadaan yang enak tetapi juga keadaan yang ga enak atau keadaan yang ngga kita harapkan terjadi.. Gampang sekali kita bersyukur ketika dapat doorprize, dapat kenaikan gaji, dapat berkat-berkat lain yang menyenangkan.. Tetapi inilah ujiannya.. Apakah kita tetap bisa bersyukur sekalipun keadaan tidak mendukung? Atau justru dengan mudahnya kita mengeluh?

Mengucap syukur dalam keadaan yang ngga enak itu memang ngga gampang tetapi bukan berarti ngga bisa..
"Sebab telah Kaubuat aku bersukacita, ya TUHAN, dengan pekerjaan-Mu, karena perbuatan tangan-Mu aku akan bersorak-sorai." Mazmur 92:5
Nah ini dia kuncinya.. Mazmur 92:5 mengajarkan kita untuk mengucap syukur bukan karena keadaan yang kita alami tetapi karena perkerjaan Tuhan dalam hidup kita..karena perbuatan tangan Tuhan dalam hidup kita.. Berapa banyak perbuatan Tuhan yang ajaib yang sudah Tuhan lakukan dalam hidupmu? Buat aku, Tuhan sudah banyak banget menolong aku.. aku disembuhkan, sekolahku dicukupkan, dikasih hikmat sampai bisa lulus dengan hasil cumlaude dan aktif berprestasi, diluputkan dari kecelakaan, dan banyak lagi.. Yang terutama adalah Tuhan sudah mau berkorban disiksa dan mati di kayu salib dan bangkit pada hari yang ketiga demi penebusan dosa-dosaku..

Masa karena udara panas aja sudah mengeluh.. Kerjaan banyak dan susah aja sudah mengeluh.. Masalah ngga selesai-selesai bukannya rajin berdoa malah rajin mengeluh..
"Betapa besarnya pekerjaan-pekerjaan-Mu, ya TUHAN, dan sangat dalamnya rancangan-rancangan-Mu. Orang bodoh tidak akan mengetahui, dan orang bebal tidak akan mengerti hal itu." Mazmur 92:6-7
Rencana Tuhan itu sangat dalam dan seringkali kita ngga paham.. Satu hal yang Tuhan bukakan kepadaku adalah situasi yang ngga enak itu sebenarnya untuk kebaikan kita.. Ingat Yeremia 29:11 "Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan." dan juga Roma 8:28 "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."
"Apabila orang-orang fasik bertunas seperti tumbuh-tumbuhan, dan orang-orang yang melakukan kejahatan berkembang, ialah supaya mereka dipunahkan untuk selama-lamanya." Mazmur 92:8
Bahkan apa yang nampaknya baik saat ini malah akhirnya adalah tidak baik.. Jadi, apa yang saat ini terjadi belum tentu hasil akhirnya juga seperti yang terlihat saat ini.. Yang saat ini keliatan baik bisa akhirnya tidak baik.. Yang saat ini tidak baik, malah akhirnya baik..

Salah satu teman di facebook posting status seperti ini..
"Kita baru mencari Tuhan saat kita dalam kesusahan. Tapi di sisi lain, kita pasti lebih memilih untuk hidup senang daripada susah...... Lalu? #randomthink"
Aku jawab "karna lebih memilih hidup senang, maka mencari Tuhan di saat susah biar senang.. kalo lebih memilih hidup susah, maka mencari Tuhan di saat senang biar susah.. wkakakakka..^^"

Ya begitulah, kalau mau disimpulkan, harapan kita sering ngga terjadi :
1. Supaya kita mencari Tuhan dan sadar bahwa Tuhan satu-satunya penolong kita.
Kalau keadaan selalu baik, mungkin kita ngga pernah mencari Tuhan dan bahkan ngga menyadari Tuhan penolong kita..

2. Supaya kita bisa merasakan kasih dan mujizat Tuhan. 
Kalau keadaan selalu baik, mungkin kita ngga pernah merasakan kasih dan mujizat Tuhan. Kalau ngga ada hujan, mana mungkin bisa lihat pelangi? hehehe

3. Karena kita butuh diproses untuk jadi orang yang lebih baik, lebih sabar, lebih percaya Tuhan, tidak meragukan Tuhan..
"A smooth sea never made a skilled sailor." English Proverbs
4. Untuk meluputkan kita dari hal-hal yang ngga patut kita hadapi..
Kalian lihat posting-an di forum hitorijanai (not alone) tentang "Sometimes We Just Don't Understand" di sini :)

5. Hal yang ngga enak terjadi dalam hidup kita terkadang juga bisa dipakai Tuhan untuk menolong orang lain
Misalnya telat datang ke gereja jam setengah 8 pagi karena telat bangun sehingga harus ke gereja jam 10 dan ternyata setelah gereja jam 10 kita bertemu dengan orang yang bisa kita tolong.. coba kalau datang yang jam setengah 8.. heheheh.. tapi bukan berarti boleh telat ke gereja loh ya.. :p

Yuk sama-sama belajar untuk ngga mengeluh tetapi selalu bersyukur karena Tuhan Yesus sayang kita semua dan semua kejadian yang terjadi di hidup kita pasti untuk kebaikan kita..

Jesus bless u all (^o^)/



No comments:

Post a Comment