Sunday 1 February 2015

Kuis 5 Bahasa Kasih

Seneng banget di Multiply, buletin bulanan gereja GKPB Masa Depan Cerah Surabaya edisi 35 hari ini ada kuis 5 Bahasa Kasih yang dikupas oleh Esther Indrijanti. Di sini disebutkan bahwa kuis ini bisa diisi setiap anggota CONTACT (Covenant in Action), istilah untuk kelompok sel di gereja ini, untuk mengetahui apa bahasa kasih kelompok sel anda.

Dulu aku dapat informasi 5 bahasa kasih ini dari temenku. Trus dia cuma kasih 5 bahasa kasih itu :
1. "Words of affirmation" (Kata-kata)
2. "Quality Time" (Waktu berkualitas)
3. "Receiving gifts" (Hadiah)
4. "Acts of service" (Pelayanan)
5. "Physical Touch" (Sentuhan)

Dalam hati, berpikir kira-kira aku apa ya? Waktu itu aku menebak kalau bahasa kasihku adalah Kata-kata dan waktu berkualitas. Sempat berpikir dimana aku bisa mengikuti kuis untuk mengetahui bahasa kasihku. Wow, ternyata Tuhan mengabulkan keinginanku hari ini. Terima kasih Tuhan.
Nah ternyata tebakanku 50% benar.. hahaha.. Bahasa kasihku dari yang utama :
1. "Receiving gifts" (Hadiah) -39/40-
2. "Words of affirmation" (Kata-kata) -36/40-
3. "Quality Time" (Waktu berkualitas) -34/40-
4. "Acts of service" (Pelayanan) -26/40-
5. "Physical Touch" (Sentuhan) -15/40-

Bagaimana denganmu? Coba ikuti kuis ini ya..

5 Bahasa Kasih ini dicetuskan oleh Dr. Gary Chapman di bukunya dengan judul yang sama. Dr. Chapman mengatakan bahwa setiap orang merasakan dan mengekspresikan kasih dalam salah satu cara : kata-kata, waktu berkualitas, memberi sesuatu hadiah, melayani, dan sentuhan.Pastinya dengan mengetahui bahasa kasihmu dan orang-orang terdekat, kamu jadi paham bagaimana bisa menyenangkan hati mereka sehingga bisa membangun relasi yang lebih baik :)

Aturan Kuis 5 Bahasa Kasih :
A. Siapkan 1 lembar kertas atau buka notes pada smart phone kalian :)
B. Tulis no 1 -40
C. Jawab 40 pertanyaan di bawah ini dan berikan nilai pada kertas atau notes smart phone kalian sesuai kriteria di bawah ini :
5 = Sangat Benar
4 = Kebanyakan Benar
3 = Benar
2 = Tidak Selalu Benar
1 = Sama Sekali Tidak Benar

Kuis 5 Bahasa Kasih :
1. Saya sangat bahagia menerima kartu berisi kata-kata yang manis yang kamu tulis sendiri
2. Saya sangat senang kamu membantu melakukan hal-hal kecil di dalam rumah untuk menolong saya
3. Saya suka menerima pelukan darimu
4. Pelukan adalah hal biasa, namun berarti banyak dalam hubungan saya
5. Saya merasa dikasihi ketika menghabiskan waktu berdua
6. Saya merasa dikasihi ketika kamu memuji bahwa penampilan saya menarik
7. Saya merasa sangat dikasihi ketika kamu membantu saya sungguh-sungguh
8. Saya merasa dikasihi ketika kamu membelikan hadiah kecil buat saya
9. Saya merasa dikasihi ketika kamu mengatakan hal-hal yang mendorong saya
10. Saya merasa dikasihi ketika kamu mematikan HP dan kita mengobrol bersama
11. Saya merasa dikasihi saat kamu mengatakan bahwa kamu menghargai apa yang saya lakukan tiap hari
12. Saya menikmati saat kamu menyentuh lengan saya dengan penuh kasih
13. Saya merasa istimewa ketika kamu memberikan kejutan dengan hadiah
14. Saya merasa dikasihi karena kamu melakukan hal-hal tertentu bagi saya tanpa saya minta
15. Saya suka nonton, makan, atau jalan-jalan supaya kita bisa berdua
16. Saya suka ketika kamu memasak makanan untuk saya
17. Bergandengan tangan adalah hal yang penting bagi saya
18. Saya merasa dikasihi ketika kita mengobrol dengan seru berdua
19. Hadiah-hadiahmu sangat berarti bagi saya
20. Saya mau melakukan apa saja sepanjang bisa bersamamu
21. Aku merasa dikasihi saat kamu membantuku mengerjakan pekerjaanku
22. Saya merasa dikasihi saat kamu memberikan sepenuh perhatian padaku
23. Menerima pemberian adalah hal penting dalam sebuah hubungan
24. Saya sangat suka kalau kita bisa mengobrol dan tertawa berdua
25. Saya suka saat kamu memuji saya
26. Saya merasa dikasihi saat kamu memasakkan makanan spesial untuk saya
27. Saya merasa dikasihi saat kamu memeluk saya dengan spontan
28. Duduk berdekatan membuat saya merasa lebih dikasihi daripada duduk berjauhan
29. Saya merasa istimewa saat kamu membelikan saya sesuatu yang kamu tahu saya suka
30. Saya merasa dikasihi saat kamu menulis pesan-pesan kecil yang manis untuk saya
31. Menerima hadiah darimu membuat saya merasa dikasihi
32. Saya merasa dihargai saat kamu melakukan pekerjaan yang kamu tahu tidak suka saya lakukan
33. Menerima hadiah adalah salah satu hal yang paling saya sukai
34. Saya merasa lebih dekat ketika kita bersentuhan
35. Penting bagi saya menerima telepon darimu yang menyatakan kamu memikirkan saya
36. Untuk ulang tahun saya, saya paling suka bila kamu cuti dan mengatur supaya kita bisa melakukan sesuatu yang khusus berdua
37. Untuk ulang tahun saya, saya paling suka bila kamu menulis puisi sendiri tentang perasaanmu kepada saya
38. Untuk ulang tahun saya, saya paling suka bila kamu membelikan hadiah yang kamu tahu akan saya sukai
39. Untuk ulang tahun saya, saya paling suka bila kamu membuat makanan dan mengerjakan tugas yang tidak saya sukai minggu ini
40. Untuk ulang tahun saya, saya paling suka bila kamu membuat kupon-kupon "pelukan" yang bisa dipakai kapan saya kehendaki

Cara Menghitung Hasil Jawaban Kuis :
1. Words of Affirmation (Kata-kata) : Jumlahkan nilai dari no 1, 6, 9, 11, 25, 30, 35, 37
Kamu merasa sangat dikasihi bila orang lain memuji penampilanmu atau pekerjaan yang telah kamu lakukan. Kamu suka menerima dorongan secara verbal dan menyimpan kartu atau tulisan-tulisan manis sebagai barang yang berharga. Kamu merasa dipenuhi kasih ketika menerima kartu yang berisi ekspresi kasih, puisi, atau bila kamu ditelpon secara spontan untuk menunjukkan perhatian kepadamu.

2. Act of Service (Pelayanan) : Jumlahkan nilai dari no 2, 7, 14, 16, 21, 26, 32, 39
Kamu merasa dikasihi bila orang melakukan hal-hal kecil untuk menolongmu. Kamu selalu memperhatikan bila mereka memperhatikan dan memberikan dirinya untuk menolongmu, meskipun kamu bisa melakukannya sendiri. Kamu merasa bersyukur dan dikasihi saat orang lain melakukannya untukmu.

3. Physical Touch (Sentuhan) : Jumlahkan nilai dari no 3, 4, 12, 17, 27, 28, 34, 40
Kamu merasa dikasihi bila menerima sentuhan yang penuh kasih. Sentuhan, pelukan, ciuman kasih merupakan hal yang menunjukkan perasaan kasih bagimu. Kamu tidak mengerti mengapa orang duduk berjauhan padahal bisa berdekatan. Saat berjalan bersama, kamu suka bergandengan atau bersentuhan.

4. Quality Time (Waktu Berkualitas) : Jumlahkan nilai dari no 5, 10, 15, 18, 20, 22, 24, 36
Tidak ada yang membuatmu merasa lebih dikasihi daripada meluangkan waktu berkualitas berdua. Percakapan yang hangat, kontak mata, pembicaraan yang mengalir lancar, gurauan atau hanya bersama-sama. Kamu lebih suka melakukannya daripada menerima hadiah atau pujian, asalkan kamu bisa punya waktu bersama. Kamu menghargai orang yang mau mengorbankan waktu untuk menemanimu.

5. Receiving Gifts (Hadiah) : Jumlahkan nilai dari no 8, 13, 19, 23, 29, 31, 33, 38
Hadiah yang dipersiapkan membuat kamu merasa istimewa. Entah setangkai bunga, atau sesuatu yang lebih mahal. Kamu suka merasa spesial, dimanjakan, dipikirkan. Fakta bahwa orang lain memikirkan untuk memberimu sesuatu lalu melakukannya merupakan hal yang sangat berarti bagimu.

Nah setelah dijumlahkan, coba urutkan dari nilai yang tertinggi sampai terendah, maka kamu bisa tahu bahasa kasihmu mulai dari yang terutama.
Selamat mencoba. Tuhan Yesus memberkati :)


5 comments: