Monday 19 November 2012

Double Blessings



Bacaan : Matius 6:25 - 34

"Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu." Matius 6:33

Dari kecil aku sudah hidup di keluarga Kristen dan ikut sekolah minggu. Sejak kecil sampai sekarang, ayat Matius 6:33 ini sudah kudengar bahkan aku dapat menghafalkannya :)
Tetapi hari ini aku semakin dibawa Tuhan untuk memahami lebih jauh tentang hal ini..

Siapa yang pengen hidup bahagia? Siapa yang pengen hidup sukses? Siapa yang pengen makan makanan yang lezat, bisa punya baju yang bagus, tas yang bagus, punya rumah, mobil, gadget yang canggih? Siapa yang ingin usahanya sukses dan bertambah maju? Siapa yang ingin ini ingin itu banyak sekali? Hahhahaa.. pasti semua mau ya.. termasuk aku juga mau.. heheheh..

"Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?" Matius 6:25

Seringkali kita hanya melihat dan peduli pada apa yang terlihat oleh mata alias yang materiil atau yang jasmani aja.. Ini teguran yang aku dapat saat ke gereja hari minggu kemarin.. Firman hari minggu kemarin dari Lukas 12:13 - 21 (Orang Kaya yang Bodoh).. Ada seorang yang kaya yang mengumpulkan sangat banyak harta tetapi dalam sekejap meninggal. Hartanya yang banyak yang sudah dia kumpulkan itu tidak dia nikmati lagi dan tidak dapat ia bawa..

"Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah." Lukas 12:21
Sengaja aku bold kata-kata dalam Lukas 12:21 di atas.. Aku menemukan mengapa Tuhan bilang dalam Matius 6:33 untuk mencari Kerajaan Allah dan kebenarannya terlebih dahulu.. Ini yang aku dapat..

"Sebab Kerajaan Allah bukanlah soal makanan dan minuman, tetapi soal kebenaran, damai sejahtera dan sukacita oleh Roh Kudus." Roma 14:17



1.  Saat kita mendahulukan hal-hal yang bersifat kekal, semua yang bersifat tidak kekal itu akan ada sebagai tambahan atau pelengkap atau buah yang Tuhan berikan setelah kita mengutamakan hal-hal yang bersifat kekal.
Kerajaan Allah bukan soal makanan dan minuman seperti yang disebutkan di Roma 14:17 di atas, tetapi soal hal-hal yang bersifat kekal yaitu kebenaran, damai sejahtera, dan sukacita..
Pilih satu dari 2 pilihan ini :
A. Jadi orang yang kaya tetapi ngga ada damai sejahtera dan sukacita
B. Jadi orang yang damai sejahtera dan sukacita sehingga bisa kerja dengan maksimal dan akhirnya jadi orang kaya
Pilih yang mana? Kalau aku pilih yang kedua.. Bagaimana dengan kamu? :)

Saat kita mengutamakan yang kekal, yang tidak kekal itu akan mengikuti kok.. tidak perlu dikejar tetapi malah diikuti.. hahaha.. :)
Baca juga Mazmur 23 ya :D


2. Kunci kesuksesan hidup itu adalah mencari hal-hal yang bersifat kekal yaitu Kerajaan Allah dan kebenarannya
"Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku." Mazmur 119:105
 "Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil." Mazmur 1:1 - 3
"Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian." Amsal 9:10
Firman Tuhan adalah kebenaran.. Firman Tuhan yang menuntun kita dalam melakukan setiap pekerjaan kita... Perlu hikmat dan pengertian untuk bertindak bijaksana dan mengambil keputusan yang tepat atau untuk menyelesaikan ujian sehingga sukses? Permulaannya adalah takut akan Tuhan dan pengenalan akan Tuhan..


3. Mencari hal-hal yang bersifat tidak kekal (materi) saja membuat kekhawatiran itu ada
"Takut akan Allah mendatangkan hidup, maka orang bermalam dengan puas, tanpa ditimpa malapetaka." Amsal 19:23
Siapa yang ngga bisa tidur karena takut bisnisnya akan hancur? Siapa yang stress karena ingin punya rumah tetapi belum punya? Siapa yang khawatir tidak bisa mencapai target bisnis tertentu?
Aku pikir semua hal ini terjadi karena berfokus pada materi dan bukan kepada hal-hal yang bersifat kekal.. Ingin materi ini itu boleh saja tetapi jangan sampai fokus kita yang utama pada hal-hal yang materi.. toh materi juga ngga dibawa waktu hidup kita ini di dunia ini sudah selesai..
Baca juga 1 Korintus 7:17 - 40


4. Mencari hal-hal yang bersifat tidak kekal (materi) tanpa mencari hal-hal yang bersifat kekal (Tuhan, Kerajaan Allah, dan kebenarannya) bisa jadi sia-sia
"Nyanyian ziarah Salomo. Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga. Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah--sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur."Mazmur 127:1 - 2
Baca juga Yakobus 4:13 - 17


5.  Mencari dahulu hal-hal yang bersifat kekal itu khasiatnya double ^^
Kaya di hadapan Allah dan kaya di hadapan manusia :)
Selain dapat hal-hal yang bersifat kekal karena kita mencarinya, kita juga dapat tambahan hal-hal materi yang tidak kekal :)
Jika kita mendahulukan hal-hal yang bersifat materi saja, kita akan mengalami kekosongan.. Kalau uda kaya raya dan semua materi dimiliki trus apa? Hanya Tuhan saja yang bisa mengisi kekosongan di hatimu :)
PS: Kaya materi di sini bukan cuma kaya banyak uang, tetapi kaya akan kesehatan, pengetahuan, hikmat, pasangan hidup, anak-anak, dan lain-lain ;)


Yuk memfokuskan hidup ini untuk mengenal Tuhan lebih lagi, mencari Kerajaan Allah dan kebenarannya, melakukan apa yang Tuhan mau kita kerjakan.. Hidup kita di dunia ini hanya sementara saja.. 2 Korintus 4:18 "Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal."

Jesus bless you all (^o^)/

"Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus." Yohanes 17:3

No comments:

Post a Comment