Thursday 8 November 2012

Salah Satu Kesalahan Terbesar Dalam Hidup : Tidak Minta Pendapat Orang Lain

http://www.evolvingtimes.com/2009/04/the-two-keys-to-conscious-choice/


Pernah ngga kamu dapat suatu masalah atau tawaran dari orang lain? Pasti sering banget ya..
Pernah ngga kamu ngga minta pendapat orang lain dan memutuskan sendiri pilihanmu?
Mungkin karena..
1. Kamu takut ditolak atau dilarang untuk menerima tawaran atau ajakan itu
2. Kamu merasa sudah hebat dan merasa benar
3. Kamu tidak merasa perlu untuk minta pendapat orang lain

Yah, memang dalam hal-hal kecil seperti mau makan apa, mau pakai baju apa, tentu aja kamu boleh memutuskan sendiri pilihanmu.. Tetapi ada keputusan-keputusan besar yang harus kamu ambil yang mempengaruhi masa depanmu misalnya :
1. Tawaran pekerjaan
2. Tempat untuk melanjutkan sekolah
3. Tempat tinggal
4. Memilih rumah
5. Memilih mobil
6. Membeli barang-barang mahal seperti handphone, tablet, laptop, dll.
7. Memilih pasangan hidup
8. Keputusan untuk mengatasi masalah tertentu
9. Tempat kursus
Bahkan juga tempat makan, tempat beli baju, tempat beli kebutuhan sehari-hari...

Keputusan-keputusan yang menurutku besar ini (karena besar kecilnya bisa berbeda untuk setiap orang) membutuhkan pendapat dari orang lain, terutama dari orang tua.
"Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut."Amsal 14:12


1. Kamu perlu pendapat orang lain
Jangan sampai kamu ngga minta pendapat karena takut ditolak atau dilarang. Apalagi karena kamu merasa sudah hebat dan merasa benar. Bahkan karena kamu tidak merasa perlu untuk minta pendapat orang lain. Kalau kamu ngga minta pendapat, kamu bakal rugi bangettt...!
"Jalan orang bodoh lurus dalam anggapannya sendiri, tetapi siapa mendengarkan nasihat, ia bijak. " Amsal 12:15
@inspiratorwords : If you don't ask other opinion because you are afraid to be rejected, that's folly. You will loss many wise opinion.
Kamu akan kehilangan banyak pendapat yang berguna buat kamu.. Kamu mungkin bisa belajar dari kesalahan atau keberhasilan orang lain..

2. Jangan cuma minta pendapat ke satu orang
Kita perlu meminta pendapat dari beberapa orang sebagai bahan pertimbangan dan perbandingan.. Tetapi jangan minta pendapat ke semua orang (ini lebay namanya..wkakakak)
"Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak." Amsal 15:22

3. Jangan minta pendapat ke orang yang salah

"Jangan minta pendapat tentang cara buat kue yang terenak pada tukang bangunan."
Kamu juga harus bijaksana dalam meminta pendapat.. Ya memang mungkin ada tukang bangunan yang pinter masak.. Cuma, kamu tau maksudku kan? Mintalah pendapat ke orang-orang yang ahli di bidang yang sedang kita ingin tanyakan.. Kalau mau tau cara buat kue yang terenak ya tanya ke koki kue yang terenak..
Kalau ngga minta pendapat ke orang lain bisa rugi bangettt, tapi kalo minta pendapat nya ke orang yang salah ya sama aja bohong alias sama aja merugikan kita..

4. Jangan percaya 100% dengan pendapat orang lain
Kamu tahu kan.. di dunia ini yang pasti bener ya cuma Tuhan.. manusia itu tidak ada yang sempurna dan bisa salah.. Minta pendapat, bukan berarti langsung setuju dan melakukan.. Jadi, setelah kamu minta pendapat orang lain, kamu tetep harus berdoa supaya Tuhan memberimu hikmat untuk mengambil keputusan yang benar dan kamu harus membandingkan pendapat orang-orang.. Misalnya setelah dapat pendapat tentang cara buat kue yang enak dari koki kue, kamu juga coba beli kue yang dibuat koki itu.. enak ngga? kalo ngga enak, berarti kan belum tentu resep dari koki ini 100% enak.. Mengerti maksudku? Heheheh..

5. Jangan lupa berdoa
Jadi poin yang terakhir bukan berarti ngga penting.. Justru ini yang paling penting dalam pengambilan keputusan-keputusan besar! DOA! Tuhan yang menciptakan kamu pasti tahu yang terbaik untuk kamu.. Tuhan yang lebih tahu keputusan apa yang harus diambil.. Minta hikmat dan tuntunan dari Tuhan dalam memutuskan.. Yang pasti, Tuhan sudah merencanakan masa depan yang penuh harapan untuk kamu..
"Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan" Yeremia 29:11
  
Semoga kalian tidak salah dalam mengambil keputusan.. Semoga Tuhan menuntun kalian ke jalan yang benar.. Selamat mengambil keputusan.. 
"Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu." Amsal 3:6
"Seek His will in all you do, and He will direct your paths." Proverbs 3:6 (NLT)

Psstt.. Kalau misal sudah terlanjur mengambil keputusan yang salah, bersyukurlah karena sudah mendapat pelajaran yang berharga dan proses yang membentuk kamu menjadi sekarang ini.. Berdoalah dan minta pendapat untuk menghadapi konsekuensi dari keputusan yang kamu ambil..

Jesus bless u all (^o^)/

No comments:

Post a Comment