Tuesday 25 December 2012

A Way for Our Salvation

Ilustrasi by Go

 "Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud." Lukas 2:10 -11

Tidak terasa hari ini kita merayakan natal, hari kelahiran Tuhan Yesus ke dunia.. Ini adalah natal yang ke-25 kali yang akan kurayakan karena aku sudah hidup selama 25 tahun.. Bagaimana dengan kamu? Sudah berapa kali kamu merayakan natal di hidupmu? Sudah tahukah kamu kenapa sih Tuhan sampai perlu lahir dan jadi seperti manusia?  
"Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia." Yohanes 3:16 -17
Tujuan utamanya adalah untuk menyelamatkan kita seperti yang bisa kamu baca di Yohanes 3:16 - 21 di atas.. Nah kenapa kita perlu diselamatkan? 
Mungkin kita berkata saya orangnya baik kok, ngga perna berbuat jahat, selalu taat peraturan, bahkan suka menolong, kenapa saya perlu diselamatkan?
Atau kita berkata saya sudah terlalu jahat, sudah bolak balik melakukan kesalahan, saya ngga mungkin bisa selamat..

"Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah. Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat. Sebab barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak; tetapi barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah." Yohanes 3:18 - 21
Coba lihat pada tulisan di Yohanes 3:18 - 21 di atas yang sudah kugaris bawahi.. Barangsiapa yang tidak percaya pada Tuhan Yesus, nama Anak Tunggal Allah, ia telah berada di bawah hukuman..
Di sini bukan disebutkan "ia akan berada di bawah hukuman" tetapi "ia telah berada di bawah hukuman".. mengerti bedanya?
Jadi, semua manusia telah berada di bawah hukuman, bahkan bayi yang baru lahir pun telah berada di bawah hukuman.. Dalam pemuridan Dasar Kekristenan yang aku ikuti di gereja juga dikatakan seperti berikut ini.
Setiap manusia dilahirkan sebagai orang berdosa. Manusia disebut berdosa bukan karena perbuatannya, melainkan karena memang ia telah dilahirkan sebagai manusia berdosa. Sama seperti kucing disebut kucing bukan karena ia bisa mengeong, melainkan karena ia telah dilahirkan sebagai kucing. Justru karena dilahirkan sebagai kucing itulah, maka ia bisa mengeong.
Karena itu, tidak heran ada anak kecil yang sudah pintar berbohong padahal tidak diajari untuk berbohong. Walaupun kita dilahirkan di keluarga Kristen, kita tidak bisa langsung percaya kepada Tuhan Yesus. Kepercayaan kepada Tuhan bukan suatu hal yang diturunkan, tetapi lahir dari masing-masing hati.
"Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah," Roma 3:23

"Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus." I Korintus 15:22

"Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita." Roma 6:23
Jadi, setiap manusia perlu untuk diselamatkan. Tetapi, manusia tidak bisa menyelamatkan dirinya sendiri. Banyak manusia yang berusaha untuk menyelamatkan dirinya sendiri dengan perbuatan mereka, tetapi keselamatan hanya bisa didapatkan dengan percaya kepada Tuhan Yesus Kristus, Anak Tunggal Allah yang telah lahir ke dunia untuk menggantikan kita mati atas dosa-dosa kita dan bangkit pada hari yang ketiga sebagai bukti bahwa Ia telah mengalahkan maut akibat dosa-dosa kita.

"Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan." Roma 10:9

"Yesus adalah batu yang dibuang oleh tukang-tukang bangunan--yaitu kamu sendiri--,namun ia telah menjadi batu penjuru. Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." Kisah Para Rasul 4:11 - 12
Nah, sekarang sudah tahu kan kenapa Tuhan Yesus perlu lahir ke dunia ini?! Semua hanya karena kasih Allah yang besar dalam hidup kita.. supaya kita yang berdosa ini tidak binasa, Tuhan Yesus telah lahir ke dunia untuk menggantikan kita disiksa dan dihukum mati.. Kebangkitan Tuhan Yesus akan kematian menghidupkan setiap orang yang percaya kepadaNya..
Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan kamu akan diselamatkan :)
Inilah yang menjadikan natal sangat berarti dalam hidup kita.. Tuhan Yesus telah lahir beribu tahun yang lalu dan telah menyelesaikan karya keselamatan untuk kita.. Sekarang saatnya kita membuka hati kita dan berdoa kepada Tuhan :
"Tuhan Yesus, ini aku manusia berdosa yang seharusnya binasa. Tetapi, aku mengucap syukur dan berterima kasih karena kasih, Tuhan Yesus telah lahir ke dunia, mati dan bangkit untuk menebus dosa-dosaku. Sekarang, aku mengaku dengan mulutku bahwa Yesus adalah Tuhan dan percaya dalam hatiku bahwa Allah telah membangkitkan Tuhan Yesus dari antara orang mati. Aku percaya Tuhan Yesus sudah menyucikan aku dan aku telah diselamatkan. Tuntunlah aku dalam pengenalan yang benar akan Engkau. Biarlah hidupku selalu mengerjakan kehendakMu untuk kemuliaan namaMu. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus, Raja dan Juruselamatku, aku telah berdoa. Amin."
Tuhan Yesus sangat mengasihi kalian semua o(^ v ^)o
Merry Christmas everyone :)




No comments:

Post a Comment